EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA DI SD NEGERI 2 LABUHAN HAJI

JANNAH, RIZADUL (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA DI SD NEGERI 2 LABUHAN HAJI. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
RIZADATUL JANNAH bab 1-3- .pdf

Download (537kB)
[img] Text
skripsi RIZADATUL JANNAH .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
RIZADATUL JANNAH ABSTAK- .pdf

Download (582kB)

Abstract

ABSTRAK Rizadatul Jannah, (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Individual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Penderita Disleksia di Sdn 2 Labuhan Haji. PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran individual dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa penderita disleksia di SD Negeri 2 Labuhan Haji. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan 1 sampel siswa penderita disleksia. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan uji t dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Individual termasuk dalam kategori sangat baik yang diterapkan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa penderita disleksia, terlihat dari hasil responden (80%) mengalami peningkatan kemampuan pembelajaran membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca. siswa penderita disleksia dan membantu guru dalam memberikan strategi pembelajaran bagi siswa yang mempunyai atau membutuhkan strategi khusus di kelas. Data skor pretest sebesar 25 dan data skor posttest sebesar 80. Kemudian dapat dilihat hasil uji hipotesis thitung ≥ ttabel (5.02079≥ 4.30265) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas positif strategi pembelajaran Individualisasi terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa penderita disleksia kelas 3 SD Negeri 2 Labuhan Haji. Kata Kunci: Strategi pembelajaran individual, Membaca, Disleksia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:35
Last Modified: 05 Mar 2024 01:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item