PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 02 AIKMEL KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WAFA, AFIFATUL (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 02 AIKMEL KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf - Submitted Version

Download (317kB)
[img] Text (ABSTRACT)
abstract.pdf - Submitted Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB I - III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kontekstual Terhadap kecerdasan naturalis Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri 02 Aikmel Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Desain dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Desaign. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Negeri 02 Aikmel yang berjumlah 10 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun saat pre-test berjumlah 134 dan jumlah persentase keseluruhan yaitu 473%, berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa, pada sebagian besar anak mendapatkan kategori MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 70% dari keseluruhan anak, dan setelah diberikan perlakuan (treatment) kemudian diadakan posttest, diperoleh kemampuan kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun berjumlah 239 dengan jumlah persentase keseluruhan anak yaitu 849%, berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa pada sebagian besar anak mendapatkan kategori BSB (Berkembang sangat Baik ) yang mencapai nilai 90% dari keseluruhan anak yang berjumlah 10 anak. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis t-hitung yaitu 19,810 dengan nilai yaitu 1,833 maka nilai t-hitung (19,810) (1,833). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan kecerdasan naturalis anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 02 Aikmel. Kata Kunci: Perkembangan kecedasan naturalis, kontekstual, PAUD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:41
Last Modified: 04 Mar 2024 02:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item