PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 4 PANCOR

HIMAYATI, SERI (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 4 PANCOR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
abstract (3).pdf

Download (624kB)
[img] Text
bab i-iii (1).pdf

Download (707kB)
[img] Text
SKRIPSI - SERI HIMAYATI_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seri Himayati (2023), Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 4 Pancor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Dina Apriana, M.Pd. Pembimbing II: Yul Alfian Hadi, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital untuk meningkatkan literasi membaca pada siswa kelas II SDN 4 Pancor dengan menggunakan metode pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sudirman (Oktaviani, R. 2021) meliputi 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu: (1) Analisis Kebutuhan (Reaserch and Information Collectin), (2) Perencanaan (Planning), (3) Pengembangan Produk Awal (Develop of Freliminary Form of Product), (4) Pengujian Terbatas (Frellinary Field Testing), (5) Revisi Hasil Uji Produk (Main Produk Revision), (6) Uji Coba utama (Main Field Testing), (7) Revisi Produk Akhir (Final). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II dengan jumlah 36 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil uji validasi ahli tampiran dengan jumlah skor 23 berada pada rentang 74,76 < X ≤ 92, 28 dengan kategori “cikup baik”. Hasil uji coba validasi ahli materi dengan jumlah skor 24 berada pada rentang 74,76 < X ≤ 92, 28 dengan kategori “baik”. Hasil dari angket respon siswa terhadap validasi dan kepraktisan penggunaan bahan yang dikembangkan mendapat skor 36 sehingga berada pada rentang 51 < X ≤ 63, 51 < 59,63 ≤ 63 dengan kategori “cukup baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbantuan canva pada pembelajaran bahasa Indonesia sudah valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Komik Digital Untuk Meningkatkan Literasi

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:12
Last Modified: 05 Mar 2024 02:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item