PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIAKA BERBASIS PMRI MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN UNTUK KELAS IV SDN 1 KELAYU UTARA

HIDAYAH, SITI HAMIDATUL (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIAKA BERBASIS PMRI MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN UNTUK KELAS IV SDN 1 KELAYU UTARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRACT (3).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I-III (1).pdf

Download (642kB)
[img] Text
SKRIPSI SITI HAMIDATUL HIDAYAH 1_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Bahan Ajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Kelas IV SDN 1 Kelayu Utara dengan menggunakan teknik tes angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kelayu Utara yang berjumlah 7 orang siswa. Jenis penelitian dalam skripsi ini yaitu menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Walter Dick and Lou Carey). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa buku bahan ajar, sehingga menggunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di sekolah. Pengujian bahan ajar ini dilakukan dengan cara rangkaian terhadap pengembangan yang sistematis yakni tahap analisis kebutuhan, tahap analisis pembelajaran, tahap analisis pembelajar dan konteks, tahap menyusun tujuan umum khusus, tahap pengembangan instrument, tahap mengembangkan strategi pembelajaran, tahap mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, tahap merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan tahap melakukan revisi. Alat pengumpulan data berupa lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, angket respon dan hasil kevalidan produk. Hasil ahli media memperoleh skor sebesar 84 >83,99 dengan kategori baik, sedangkan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 87 > 83,99 dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis PMRI memperoleh skor sebesar 51 < 52 ≤ 63 dengan kategori baik, kemudian hasil kevalidan produk memperoleh ketuntasan belajar siswa berada pada persentase sebanyak 86% dan dinyatakan tuntas secara klasikal. Kata Kunci : Buku Ajar, PMRI, Matematika

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:21
Last Modified: 05 Mar 2024 02:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item