“Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Menggunakan Pendekatan Polya Di SDN 1 Gerung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 ”

SUHARTINI, SUHARTINI (2023) “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Menggunakan Pendekatan Polya Di SDN 1 Gerung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 ”. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL ACC (1).pdf

Download (825kB)

Abstract

ABSTRAK Nama NIM Fakultas/Prodi Judul : Suhartini 170205051 : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Guru Sekolah Dasar : “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Menggunakan Pendekatan Polya Di SDN 1 Gerung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 ” Pembelajaran matematika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan kemampuan untuk mengembangkan ilmu matematika dalam kehidupan nyata, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah ialah kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal terutama soal HOTS. Dari hasil pre tes yang dilakukan peneliti di kelas IV didapatkan bahwa nilai yang didapatkan sebagian besar di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal) yakni 75. Selama mengerjakan pre-tes yang diberikan peneliti, siswa lebih banyak mengerjakan soal langsung terpaku kepada jawaban tanpa adanya langkah-langkah pemecahan masalah yang diterapkan. Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan Pendekatan Polya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Adapun desain dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dilakukan dalam 2 siklus yakni siklus I dan II. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap pertama perencanaan, tahap kedua pelaksanaan, tahap ketiga pengamatan, dan tahap keempat reflleksi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV SDN 1 Gerung Utara yang terdiri dari 30 orang siswa dengan tempat penelitian yakni SDN 1 Gerung Utara. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitaif dengan mencari rata-rata dan persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Polya menunjukan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I mencapai 85% yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87% . Sedangkan untuk hasilbelajar pada siklus I mencapai 93% yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 97%. Hasil ini menegaskan bahwa dengan menerapkan pendekatan Polya dapat meningkatkan kemampaun pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Gerung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:22
Last Modified: 06 Mar 2024 01:22
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item