PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELAS B KB TUNAS BANGSA AL-ISLAMI MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WASILATURROPIAH, WASILATURROPIAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELAS B KB TUNAS BANGSA AL-ISLAMI MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
abstrak skripsii.pdf

Download (155kB)
[img] Text
bab i-iii.pdf

Download (452kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui proses pengembangan media kokami (Kotak dan Kartu Misterius) dalamt meningkatkan kemampuan berbicara di kelompok B KB Tunas Bangsa Al-Islami Masbagik Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model dari model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri atas 7 tahap yaitu: . a) analisis kebutuhan b) desain c) pembuatan dan validasi perangkat d) revisi desain e) uji coba produk. f) revisi produk dan g) revisi terakhir. Subjek penelitian adalah anak kelompok B KB Tunas Bangsa Al-Islami Masbagik Timur sebanyak 10 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi lembar validasi tim ahli materi, ahli media dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dari pengembangan kokami ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak dan kartu misterius (KOKAMI) efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B KB Tunas Bangsa Al-Islami Masbagik Taimur Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil validasi ahli media kokami yaitu jumlah skor 33 dengan rata-rata 4.1 berada pada interval dalam kategori 27,18 <X ≤ 33,54 “baik” (layak digunakan). Sedangkan Hasil validasi ahli materi yaitu dengan jumlah skor 29 dengan rata-rata 4.1 berada pada interval 23,82 <X≤ 29,46 dalam kategori “baik” (layak digunakan). Berdasarkan hasil observasi kemampuan berbicara anak anak mengalami peningkatan ketuntasan dari 50% pada tindakan awal menjadi 90% setelah pembelajaran menggunakan kokami. Hal ini bisa terlihat dari jumlah anak dengan kemmapuan berbicara pada aspek belum berkembang ada 1 orang (10%) sebelum tindakan, 4 anak (40%) mulai berkembang, 3 anak (30%) berkembang sesuai harapan dan 2 anak (20%) berkembang sangat baik. Sedangkan setelah pembelajaran menggunakan media kokami yang dikembangkan oleh peneliti jumlah anak dengan perkembangan belum berkembang tidak ada (0%), mulai berkembang 1 anak ( 10%), berkembang sesuai harapan 4 anak (40%) dan berkembang sangat baik 5 anak (50%) Kata Kunci: Media Kokami, Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:18
Last Modified: 06 Mar 2024 02:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5511

Actions (login required)

View Item View Item