PENGARUH GAME EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM SELONG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

HAIRONI, HAIRONI (2023) PENGARUH GAME EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM SELONG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL SKRIPSI HAIRONI.pdf - Submitted Version

Download (818kB)
[img] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version

Download (548kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI HAIRONI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukatif terhadap kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK islam selongTahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental desaign dengan bentuk One-Group pretest- posttest desaign. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK islam selong yang berjumlah 15 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan keaksaraan anak saat pre-test berjumlah 112 dan jumlah persentase keseluruhan yaitu 695%.berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa, Sebagian besar anak mendapatkan kategori penilaian MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 66,7% dan setelah diberi perlakuan kemudian diadakan post-test, diperoleh kemampuan keaksaraan anak berjumlah 193, dengan jumlah persentase keseluruhan anak yaitu 1200%, berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa Sebagian besar anak mendapatkan kategori BSB (berkembang sangat baik) mencapai nilai 80%. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis thitung yaitu 10,685 dengan nilai ttabel yaitu 1,761 maka nilai thitung (10,685) >ttabel (1,761). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukatif dapat efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK Islam Selong Kata Kunci: Kemampuan, Keaksaraan Awal, media game edukatif computer

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:38
Last Modified: 14 Mar 2024 02:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5518

Actions (login required)

View Item View Item