PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KETERAMPILAN 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 LENEK LAUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HAQQI, MULIA ZAINUL (2023) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KETERAMPILAN 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 LENEK LAUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Artikel - Mulia Zainul Haqqi (180102164).pdf - Submitted Version

Download (495kB)
[img] Text
Skripsi - Mulia Zainul Haqqi (180102164).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mulia Zainul Haqqi (2022), Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 3 Lenek Lauk Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Muhammad Husni, M.Pd., Pembimbing II: Husnul Mukti, M.Pd. Kata Kunci: Saintifik, Keterampilan 4C, Hasil Belajar IPA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 3 Lenek Lauk. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode konvensional di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan saintifik berbasis keterampilan 4C berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Lenek Lauk Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Lenek Lauk yang berjumlah 46 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimen, dengan desain penelitian post-test only control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian ini adalah kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh nilai F = 0,046 dengan sig. (2-tailed) = 0,000 yang nilai signifikansi lebih kecil daripada alpha penelitian (α) = 5% atau 0,05 (yaitu 0,00 < 0,05). Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis keterampilan 4C dan kemampuan IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik (konvensional) pada kelas V di SDN 3 Lenek Lauk Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan melihat hasil nilai rata rata dari kedua kelas tersebut, maka dapat diketahui bahwa nilai rata-rata post-test hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik berbasis keterampilan 4C lebih tinggi daripada dengan hasil nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:40
Last Modified: 30 Apr 2024 03:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item