Turnitin-RAHASIA SUKSES MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAHLIAN SISWA DALAM MENULIS RECOUNT TEXT DENGAN MEDIA MADING SERTA PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL)

Ariyati, Ismi and Mohzana,, Mohzana and Aminah, Aminah (2023) Turnitin-RAHASIA SUKSES MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAHLIAN SISWA DALAM MENULIS RECOUNT TEXT DENGAN MEDIA MADING SERTA PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7 (1). ISSN : 2597-5218

[img] Text
22_Turnitin_RAHASIA SUKSES MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAHLIAN SISWA DALAM MENULIS RECOUNT TEXT DENGAN MEDIA MADING SERTA PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PjBL).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i1.6876

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa SMA Negeri 6 Mataram dalam menulis teks recount pribadi, dengan memanfaatkan media mading. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Project Based Learning (PjBL). Sampel penelitian adalah siswa kelas X.4 yang terdiri atas 33 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kemampuan menulis teks recount siswa kelas X.4 meningkat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran seperti mading memberikan efek terhadap motivasi dan kemampuan siswa dalam menulis teks recount pribadi. Peningkatan ini terlihat dari minat dan nilai siswa ketika siklus II berakhir. Kata Kunci: Mading; Menulis; PjBL; Recount text

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:40
Last Modified: 27 Jun 2024 06:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5607

Actions (login required)

View Item View Item