HIDAYATUN, NURIYA (2023) KESULITAN ANALITIK KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V MI NW LENENG. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
![]() |
Text
Nuriya Hidayatun (Artikel).pdf - Submitted Version Download (253kB) |
![]() |
Text
Nuriya Hidayatun (Skripsi).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan analitik keterampilan menulis siswa kelas V MI NW Leneng 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain deskriptif. Siswa berkesulitan belajar adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademiknya, yang disebabkan karena adanya disfungsi minimal otak, atau dalam psikologis dasar, sehingga prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensi yang sebenarnya. Siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar, baik secara umum ataupun khusus seperti disgrafia (kesulitan siswa dalam belajar menulis) memerlukan layanan pendidikan khusus dalam proses pembelajarannya di sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang siswa. Variabel penelitian ini menggunakan satu variabel atau variabel tunggal yaitu kesulitan analitik keterampilan menulis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk perintah untuk mengetahui tingkat kesulitan keterampilan menulis siswa menggunakan media gambar seri. Hasil tes pada pertemuan pertama mencapai rata-rata 50,5 berada pada kategori kurang kemudian meningkat pada pertemuan kedua mencapai rata-rata 58 berada pada kategori kurang, selanjutnya pada hari ketiga perolehan rata-rata menurun menjadi 52,5 dengan kategori kurang, selanjutnya pada hari terakhir mencapai rata-rata 60,5 dengan kategori cukup. Hal ini berarti bahwa terdapat kesulitan analitik keterampilan menulis siswa kelas V MI NW Leneng 2021/2022. Mekanisme pembelajaran siswa dengan kesulitan belajar menulis perlu mendapatkan pelayanan khusus berupa pembelajaran tambahan di luar jam pembelajaran umum disertai dengan dukungan dari media pembelajaran yang menarik sesuai yang dibutuhkan siswa pada saat proses pembelajaran. Kata kunci: kesulitan analitik, keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:56 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:56 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |