PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS INQUIRY TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 LEMING KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022

NURLIANA, NURLIANA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS INQUIRY TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 LEMING KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Nurliana-170102026-artikel ilmiah.pdf - Submitted Version

Download (541kB)
[img] Text
Nurliana-170102026-SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanmodul tematik berbasis pembelajaraninquiry dengan menggunakan desain penelitian pengembangan Borg & Gall dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu: (1) Analisis (Analysis), (2) Perancangan (Design), (3) pengembangan produk (Development), (4) Penerapan (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V SDN 01 Leming. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validasi Hasil validasi dari ahli materi pada pengembangan bahan ajar modul tematik berbasis pembelajaran inquiry yang telah dikembangkan oleh peneliti memperoleh skor berjumlah 90,625%yang berada pada kriteria “sangat valid”. Kemudian hasil dari ahli media memperoleh skor berjumlah 93,75% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian angket yang dilakukan oleh peserta didik kelas V SDN 01 Leming terhadap pengembangan produk bahan ajar modul tematik berbasis pembelajaran inquiry mendapatkan skor berjumlah 94,696% dengan kategori “sangat valid”. Dari keseluruhan hasil data tersebut maka bahan ajar modul tematik yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Modul, Tematik, Inquiry

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 14 May 2024 01:59
Last Modified: 14 May 2024 01:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5623

Actions (login required)

View Item View Item