ANALISIS INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 02 PERIAN

HIKMAH, NURUL (2023) ANALISIS INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 02 PERIAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ARTIKEL NURUL HIKMAH.pdf - Submitted Version

Download (343kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL HIKMAH.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nurul Hikmah (2022), Analisis integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran tematik berbasis lingkungan pada peserta didik kelas V di SDN 02 Perian, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi nilai-nilai karakter (displin, dan tangung jawab) dalam pembelajaran tematik berbasis lingkungan pada peserta didik kelas V di SDN 02 Perian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sampel pada penelitian ini berjumlah 9 orang yaitu guru kelas 5 dan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data dan analisis datanya model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Integrasi nilai karakter (displin) dilakukan dengan cara pengembangan tata tertib 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) dan guru menanamkan sikap disiplin kepada siswa, menjadi contoh yang baik kepada siswa, guru dan siswa datang tepat waktu, dan integrasi nilai karakter (tanggung jawab) dalam proses pembelajaran tematik berbasis lingkungan dengan cara mengintegrasikan nilai karakter tanggung jawab dalam semua mata pelajaran salaing terkoneksi antara tema tertentu, yang didalam tema tersebut mengandung nilai-nilai yang berkarakter, pengintegrasian nilai karakter tanggung jawab guru mengembangkan pmbelajaran yang aktif kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran mencakup tahap pelaksanaan dan evaluasi. Kata kunci: Integrasi nilai-nilai karakter, Pembelajaran Tematik, Berbasis Lingkungan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 14 May 2024 02:15
Last Modified: 14 May 2024 02:15
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5625

Actions (login required)

View Item View Item