Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Lombok Timur

Lia Rismawati, Rismawati and Aswasulasikin, Aswasulasikin and Nuraini, Nuraini (2022) Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Lombok Timur. -. ISSN 2599-3038

[img] Text (Jurnal)
10. Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Ilmu.pdf - Supplemental Material

Download (545kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengintegrasian pendidikan multikultural yang terdapat dalam buku teks IPA Sekolah Dasar (SD) kelas V. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data berupa buku teks IPA yang digunakan di SD wilayah Kecamatan Sikur. Data dikumpulkan dengan observasi dan analisis dokumen serta dianalisis menggunakan analisis interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Nilai-nilai pendidikan multikultural dari empat Buku Teks IPA untuk SD yang digunakan di Kabupaten Lombok Timur telah terintegrasi akan tapi pengintegrasiannya masih monoton pada budaya mayoritas. Terdapat enam subdimensi dari sembilan subdimensi yang ada. Subdimensi yang dimaksud, yakni: subdimensi budaya dalam dimensi integrasi materi; subdimensi pemahaman dalam dimensi merekonstruksi pengetahuan; subdimensi individu dalam dan kelompok dalam dimensi penyesuaian metode pembelajaran; subdimensi agama dalam dimensi pengurangan prasangka; subdimensi budaya sekolah dalam dimensi penguatan budaya sekolah dan struktur sosial. Sementara subdimensi individu, agama, suku/ras/etnis, demokrasi, dan struktur sosial tidak terintegrasi dalam buku ini. Sementara pada buku empat ditemukan subdimensi budaya, pemahaman, kelompok, agama, dan budaya sekolah. Pola pengintegrasian pendidikan multikultural dalam keempat buku tersebut terdiri dari integrasi dalam bentuk wacana, komik, cerita, dan latihan dalam tiap tema pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural; Buku Teks; IPA

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Sains > Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Depositing User: Nuraini Nuraini Dr. Nuraini, M.Pd
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:50
Last Modified: 27 Jun 2024 05:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item View Item