Pola Komunikasi Sekolah dengan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Muhamad Yasin, Yasin and Aswasulasikin, Aswasulasikin and Dina Apriana, Apriana and Muhammad Sururuddin, Sururuddin Pola Komunikasi Sekolah dengan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN 2614-3097

[img] Text (Jurnal)
11. Pola Komunikasi Sekolah dengan Komite Sekolah.pdf - Supplemental Material

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi sekolah dengan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alasan peneliti hanya ingin mendeskripsikan suatu kejadian sesuai dengan keadaan yang dialami langsung oleh subjek peneliti serta menyajikan sumber data tersebut kedalam sebuah bentuk uaraian kata-kata tentang upaya pola komunikasi sekolah dengan komite sekolah terhadap mutu pendidikan. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini memfokuskan menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) yakni proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dan informan, dimana keduanya terlibat dalam kehidupan sosial yang relatif lama. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan adalah pola komunikasi interpersonal. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi intens yang dilakukan kepala sekolah dengan ketua komite saja atau wakil komite sekolah saja. Sehingga peran dan fungsi serta tugas pokok komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan masih lah kurang. Kata kunci: Pola, Komunikasi, Komite, Mutu

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr Aswasulasikin, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:18
Last Modified: 02 Jul 2024 02:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item