PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V

Rahmawati Iswantary, Iswantary and Donna Boedi Maritasari, Maritasari and Abdul Azizurrahman, Aziz and Aswasulasikin, Aswasulasikin PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Jurnal Pendidikan Dasar. ISSN 2 5 7 9 - 3 9 9 3

[img] Text (Jurnal)
13. PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK.pdf - Supplemental Material

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Busy Book untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yang terdiri dari lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil validasi media mendapatkan hasil dalam kategori “baik” dengan skor 40 (33,96 < X ≤ 41,88), sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan hasil dalam kategori “sangat baik” dengan skor 47 (X > 41,88), dan terakhir hasil validasi dari ahli bahasa mendapatkan hasil dalam kategori “baik” dengan skor 40 (33,96 < X ≤ 41,88). Sedangkan hasil uji coba skala kecil memperoleh skor dalam kategori “setuju” dengan skor 32,8 (27,18 < X ≤ 33.54) dan hasil uji coba skala besar skor dalam kategori “sangat setuju” dengan skor 36,8 ( X > 33,54). Berdasarkan data tersebut, media yang dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunkan. Kata Kunci: Media, Busy Book, Literasi Lingkungan

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Sains > Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr Aswasulasikin, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:18
Last Modified: 02 Jul 2024 02:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item