Workshop Penyusunan Prangkat Pembelajaran Berbasis HOTS bagi Guru di MA Assawiyah

Fahrurrozi, Fahrurrozi and Sri Supiyati, Supiyati and Lalu Muhammad Fauzi, Fauzi and Muhammad Khalqi, Khalqi (2021) Workshop Penyusunan Prangkat Pembelajaran Berbasis HOTS bagi Guru di MA Assawiyah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2 (2). pp. 274-282. ISSN 2723-6269

[img] Text (HASIL SIMILARITY)
13. Cek Plagiasi Artikel_Workshop Penyusunan Prangkat Pembelajaran (PKM).pdf - Supplemental Material

Download (3MB)

Abstract

Sejak Indonesia ikut dalam Program for International Students Assessment (PISA), dan Trend In International Mathematics and Science Study (TIMMS) pada tahun 2000, hasil tes bidang matematika yang didapatkan tidak pernah memuaskan, bahkan sampai tahun 2018 hasilnya masih tidak memuaskan. Dengan kata lain hasil tes tersebut stagnan. Sebagai upaya membenahi hasil tes tersebut, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan asesmen kompetensi minimal (AKM) atau dikenal juga dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Salah satu tes yang ada di dalamnya adalah pemberian soal-soal yang termasuk dalam kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS), seperti yang biasa di berikan pada tes PISA maupun TIMMS. Sebagai upaya mempersiapkan sekolah atau madrasah menghadapi kebijakan tersebut diperlukan pelatihan kepada guru-guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang terintegrasi HOTS. Mitra pengabdian adalah seluruh guru di MA Assawiyah Pringgasela Timur. PKM dilaksanakan pada tanggal 7-8 Agustus 2021 yang dihadiri oleh 17 Guru. Metode yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah pada guru MA Assawiyah memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar Higher Order Thinking Skills (HOTS), implementasi HOTS dalam perencanaan pembelajaran dan bagaimana mengukur HOTS di siswa. Hal ini terlihat dari perangkat pembelajaran yang telah disusun sudah termasuk dalam kategori HOTS

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lalu Muhammad Fauzi
Date Deposited: 29 Jun 2024 09:23
Last Modified: 29 Jun 2024 09:23
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item