PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Hadijah, Hadijah and Badarudin, Badarudin and Aswasulasikin, Aswasulasikin (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Journal of Elemantary School (JOES), 4 (2). ISSN 2615-1448

[img] Text (Hasil Similarity)
18. Cek Plagiasi Artikel_Pengembangan LKPD_ PJBL.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di SD Negeri Kecamatan Sambelia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development jenis ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project Based Learning di kelas V SD antara lain Lembar Kegiatan Peserta Didik yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan valid untuk digunakan pada pembelajaran tematik. Hal ini berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi 77% dengan kategori layak, ahli desain sebesar 70% dengan kategori layak, dan ahli bahasa sebesar 76% dengan kategori layak. Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project Based Learning yang telah dikembangkan dinyatakan praktis digunakan pada pembelajaran tematik. Hal ini bedasarkan hasil uji coba skala kecil di SD Negeri 1 Bgaik Manis mendapat tanggapan 87% dari 5 peserta didik dengan kategori praktis digunakan. Uji coba skala besar dari tiga SD Negeri di kecamatan Sambelia yaitu SD Negeri 1 Bagik Manis, SD Negeri 1 Sambelia, dan SD Negeri 1 Sambelia mendapat tanggapan 81% dari 30 peserta didik dengan kategori sangat praktis digunakan. Lembar kegiatan Peserta didik berbasis Project Based Learning telah dievaluasi pada uji coba skala besar di SD Negeri 1 Bagik Manis, SD Negeri 2 Sambelia, dan di SD Negeri 1 Sambelia dengan uji keefektivan menggunakan Skor Gain, yaitu pada pree tes yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata peserta didik 75 dan hasil post tes yang telah dilakukan didapatkan nilai rata-rata 83,3. Sehingga berdasarkan penghitungan uji keefektivitas menggunakan skor Gain didapatkan nilai gain 0,3 sehingga disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning sudah efektif untuk digunakan. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Project Based Learning, LKPD

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dr Aswasulasikin, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:16
Last Modified: 02 Jul 2024 02:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item