PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NW TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HARDIYANTI, BAIQ SITI (2018) PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NW TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling dengan pendekatan Humanistik dalam meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak secor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling Humanistik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rat-rata 62,5 dan pada fase intervensi mendapatkan secor rata-rata 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling Humanistik dalam meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : Pendekatan Konseling Humanistik dan Penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:07
Last Modified: 16 Dec 2020 02:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item