PENGARUH PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI DI MA NW MENCEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YULIANTI, IKA (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENCEGAH PERNIKAHAN USIA DINI DI MA NW MENCEH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Ikayulianti (2017) “Pengaruh Pendekatan konseling Realitas untuk Mencegah Pernikahan Usia Dini di MA NW Menceh Tahun Pelajaran 2017/201”. Skripsi, jurusan ilmu pendidikan, Program studi bimbingan dan konseling Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan FKIP Universitas Hamzanwadi. Dr.Syukri.M.AP. kons Pembimbing I dan Drs. Jamali. SH, M.Pd selaku pembimbing ke II. Kata-kata Kunci: Konseling Realitas dan Pernikahan Usia Dini Pernikahan usia dini yaitu pernikahan yang terjadi pada seorang gadis di bawah umur 18 tahun (baik resmi maupun tidak resmi). Dan konseling Realitas yaitu proses pemberian bantuan oleh Guru BK/ Konselor kepada siswa dalam wawancara konseling yang berfokus pada upaya menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab dalam mengembangkan kehidupan yang lebih baik secara rasional sesuai dengan kenyataan yang ada dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Realitas untuk mencegah pernikahan usia dini di MA NW Menceh tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subyek Tunggal (Single Subject Design).Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Pencegahan pernikahan usia dini dan dianalis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan konseling individual yang diperoleh menggunakan angket pencegahan pernikahan usia dini dengan total skor 39 yang termasuk pada kategori mendukung karena berada pada rentang antara 32 s/d < 58. Berdasarkan karakteristik siswa yang mendukung pernikahan usia dini, yaitu: walaupun 1) mengetahui alat refroduksi belum matang, 2) mengetahui tulang panggulnya masih sempit untuk proses persalinan, 3) belum mampu menyesuaikan diri dengan watak dan sifat pasangan masingmasing, 4) merasa sudah mampu untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah, 5) tanpa pertimbangan yang banyak, 6) karena anggapan mendewasakan anak. Pada fase intervensi setelah siswa diberikan treatment layanan konseling individual diperoleh total skor sebesar 32 yang termasuk pada kategori kurang mendukung, karena berada pada rentang 32 s/d < 58. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individual dengan teknik konseling Realitas efektif untuk mengatasi masalah siswa yang cenderung mendukung pernikahan usia dini di MA NW Menceh Tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:51
Last Modified: 17 Dec 2020 04:06
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item