PENGARUH PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs. ISHLAHUL UMMAH NW PAOK REMPEK

AL BAYANI, MUHAMMAD IHSAN (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTs. ISHLAHUL UMMAH NW PAOK REMPEK. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan keterampilan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan media lingkungan dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan media lingkungan pada siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek. Kedua, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lingkungan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Penelitian ini mempunyai dua variabel yakni, variabel bebas berupa penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi setelah mendapat perlakuan/penggunaan media lingkungan. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas varians, selanjutnya analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek yang menggunakan media lingkungan dengan siswa yang tanpa menggunakan media lingkungan. Hal itu dibuktikan dari penghitungan uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa diperoleh nilai t hitung 3,398 yang lebih besar dari t tabel 2,0105 dengan db 57 (thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Ishlahul Ummah NW Paok Rempek. Hal tersebut terbukti dari hasil penghitungan uji-t pada skor pretest-posttest kelompok eksperimen. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai thitung 4,448 yang lebih besar dari ttabel 2,0105 dengan db 57 (thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan signifikan. Kata kunci: Pengaruh, penggunaan media lingkungan, keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Sosiologi Sastra
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:58
Last Modified: 17 Dec 2020 06:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3171

Actions (login required)

View Item View Item