PENGARUH PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENGENTASKAN KEBIASAAN MENCONTEK PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HADI, PAOZAN (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENGENTASKAN KEBIASAAN MENCONTEK PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
PAOZAN H.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

PAOZAN HADI, 13100037. Pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pringgasela. Skripsi, Program studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Hamzanwadi. 2017/2018. Pembimbing I : Suhartiwi M.Pd, Kons, dan Pembimbing II : M. Deni Siregar S.Pd,I, M.Pd Masalah pokok yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya penomena yang terjadi dalam dunia pendidikan bahwa kebiasaan mencontek di katakan sebagai salah satu bentuk pelanggaran disiplin dalam dunia pendidikan yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar dan berlangsungnya proses pendidikan secara keseluruhan. Apabila hal itu di biarkan secara terus menerus maka secara tidak langsung pendidikan akan berjalan dalam keadaan tetap sehingga tidak memberikan hasil yang optimal, bagaimanapun kebiasaan mencontek bukan perilaku yang di inginkan dalam dunia pendidikan , oleh karena itu, bagi para guru/pendidik hal itu merupakan tantangan untuk membimbing perilaku belajar para siswa kearah perilaku yang di harapkan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group sampel pre test- pos test, teknik yang di gunakan adalah purposive sampling dimana sampel adalah siswa kelas XI IPS 2 berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket . Validitas instrumen menggunakan rumus bivariate pearson yang di bantu dengan menggunakan program SPSS versi 16, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan statistic t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pringgasela. Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis t-tes yang menunjukkan 9.184 > : 1895 dengan taraf signifikan 5% . maka denga demikian Hipotesis Alternatif (Ha) di terima sedangkan Hipotesis Nol (Ho) di tolak. Sehingga terdapat pengaruh pendekatan konseling Realitas dalam mengentaskan kebiasaam mencontek siswa kelas XI IPS SMAN I Pringgasela. Kata kunci: Pendekatan Konseling Realitas, Kebiasaan Mencontek

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 19 Dec 2020 07:35
Last Modified: 19 Dec 2020 07:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item