EFEKTIVITAS METODE CREATIF INTEGRATIF READING (CIR) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMAT NW PANCOR T.A. 2018/2019

EPENDI, SURYADI (2019) EFEKTIVITAS METODE CREATIF INTEGRATIF READING (CIR) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMAT NW PANCOR T.A. 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
Sekripsi Suryadi Ependi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar kemampuan membaca siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode CIR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode CIR dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa serta mendeksripsikan peningkatannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksprimen dengan menggunakan teknik skimming dan scanning, melalui teknik ini siswa tidak hanya diajarkan mengenal konsep membaca, namun juga menekankan pengembangan kemampuan analisis siswa dalam membaca dan memahami isi bacaan dengan efektif dan akurat. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil tes serta peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM. Nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 67,41 dan nilai rata-rata pada kelas eksprimen adalah 77,93 Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CIR dapat meningkatkan dan berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata Kunci: creatif intigratif reading, membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 19 Dec 2020 03:43
Last Modified: 19 Dec 2020 03:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item