YUNIARNI, EMA (2019) STRUKTUR DAN FUNGSI TARI AMAQ ABER PADA SANGGAR TRADISIONAL AMAQ ABER DESA MENDANA RAYA KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tari Amaq Aber pada Sanggar Tradional di Desa Mendana Raya memiliki keunikan khusus yang membuat hal ini patut diketahui lebih dalam mengenai struktur dan fungsinya. Penelitian ini berfokus pada struktur Tari Amaq Aber dilihat dari gerak unsur tari dan fungsi pertunjukan Amaq Aber. Jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Tari Amaq Aber di sanggar Amaq Aber Desa Mendana Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahapanyaitu, data collection (pengumpulan data), reduction (reduksidata), Data display (penyajian data), dan Conclusion drawing/verification (pemeriksa kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini memuat Bentuk Tari Amaq Aber dilihat dari empat bagian yaitu tari bagian awal bernama Tari Datu Bajang yaitu gerak dua penari sebagai pengawal dan dua penari sebagai penguasa. Tari bagian kedua bernama Tari Amaq Akus yaitu tari pesuruh raja dengan gerak tidak teratur dan tidak berpola. Tari bagian tiga disebut Tari Panji yaitu putri, pangeran dan kedua pengawal. Tari bagian empat disebut Tari Panji juga tapi hanya sang penguaya yang menari (putri dan pangeran).Fungsi Tari Amaq Aber sebagai pengobatan,penolak bala dan hiburan. Kata Kunci: Struktur, Fungsi, Amaq Aber.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Seni Budaya > Seni Tari |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 19 Dec 2020 07:46 |
Last Modified: | 19 Dec 2020 07:46 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3225 |
Actions (login required)
View Item |