PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENGATASI MASALAH MEMBOLOS SISWA DI SMAN 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

L. DWIEFRI REZA, L. (2018) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENGATASI MASALAH MEMBOLOS SISWA DI SMAN 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lalu dwiefri reza (2018) “Pengaruh Konseling Individu Dengan Pendekatan Realitas untuk Mengatasi Masalah Membolos Siswa di SMAN 2 Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, jurusan ilmu pendidikan, Program studi bimbingan dan konseling Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan FKIP Universitas Hamzanwadi. Drs.I Dewa Putu Partha,M.Pd. Pembimbing I dan Fitri Aulia,M.Pd.i. selaku Pembimbing ke II. Kata-Kata kunci:Konseling Individu Pendekatan Realitas dan Membolos Masalah membolos siswa merupakan perilaku kurang disiplin yang dilakukan oleh seseorang siswa pada kelas X.3 di SMAN 2 Masbagik, dan konseling realitas merupakan pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada siswa dalam wawancara konseling yang berfokus pada upaya menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab dalam mengembangkan kehidupan yang lebih baik secara rasional sesuai kenyataan yang ada dalam kehidupannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi/mengurangi masalah membolos siswa di SMAN 2 Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen subjek tunggal (Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas x.3. teknik pengumpulan data menggunakan angket masalah membolos siswa dan dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Berdasarkan karakteristik membolos siswa yang sealu membolos ketika ada mata pelajaran tertentu di kelas dan selalu mengirim surat izin palsu sehingga klien lebih senang berhari-hari tidak masuk sekolah dan terbiasa menghabiskan waktu berada di luar kelas daripada ikut belajar bersama teman-teman. Selanjutnya setalah klien di berikan layanan konseling individu menggunakan pendekatan realitas terjadi perubahan skor ke arah yang lebih baik yakni dengan skor 42 (31,91%) yaitu katagori membolos ringan karena berada pada rentang skor 32% s/d 42,66%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 22 Dec 2020 04:29
Last Modified: 22 Dec 2020 04:29
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item View Item