PENGARUH KONSLEING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK ANTAR TEMAN KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HABIB TANTOWI, MUHAMMAD (2018) PENGARUH KONSLEING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK ANTAR TEMAN KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan perilaku terhadap kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman Di Kelas XI MA NW SENYIUR 2018/2019. Skripsi , program stttudy Bimbingan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan prilaku terhadap siswa tentang kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman di kelas XI MA NW Senyiur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan menggunakan one group test posttest design. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian dalam menyelesaikan konflik antar teman dan dianalis dengan menggunakan data kualitatif berupa diskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok yang diperoleh menggunakan angket tentang kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman termasuk kategori kurang mandiri, dengan katakteristik 1) Subyek tidak memaafkan kesalah orang lain. 2). Subyek kurang senang berbagi pengalaman dengan teman 3) Subyek selalu meminta bantuan orang lain dalam menyelesaikan tugas. 4) Subyek selelu bertindk sebelum berfikir . 5) tidak tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Setelah siswa di berikan teritmen layanan bimbingan kelompok, terdapat perubahan tingkat kemandirian kearah yang lebih baik menjadi katagori mandiri dengan karakteristik 1). subyek memafkan kesalahan orang lain 2). Subyek senang berbagi pengalaman dengan teman 3). Subyek tidak selalu meminta bantuan terhadap orang lain dalam menyelesaikan tugas 4).subyek berfikir sebelum bertindak 5). Tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan perilaku terhadap kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman Di Kelas XI MA NW SENYIUR 2018/2019 Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Pendekatan Prilaku, meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan konflik antar teman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:05
Last Modified: 22 Dec 2020 07:05
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item