IDAYATI, IDAYATI (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENINGKATKAN MUTU KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NW TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelittian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan pendekatan realitas dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa di SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penlitian pre-eksperimental designs. Dengan desain yang di gunakan adalah sampel pre-test-pos-test. Populasi penelitian ini adalah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan purposive sampling dimana sampel adalah siswa kelas XI.IPA yang jumlahnya 8 orang. Dengan menggunakan metode instrument angket yang dikembangkan menggunakan 4 skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi awal sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok secara keseluruhan diperoleh data 91,7 termasuk dalam kategori sedang, dan setelah layanan diberikan dari hasil angket yang telah disebarkan diperoleh data secara keseluruhan 104,5 meskipun masih dalam kategori sedang namun terjadi peningkatan skor sebelum dan sesudah layanan bimbingan kelompok diberikan. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan pendekatan realitas efektif untuk mengatasi masalah siswa yang mutu kegiatan belajarnya rendah di SMA NW Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Kata-kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Pendekatan Realitas, dan Mutu Kegiatan Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 07:53 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 07:53 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3301 |
Actions (login required)
View Item |