EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REBT DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DAN RELAKSASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MTS NW TANAK MAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUZNA, SITI (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REBT DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK DAN RELAKSASI UNTUK MENGATASI KECEMASAN TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MTS NW TANAK MAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Konseling kelompok Pendekatan REBT Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik Dan Relaksasi Untuk Mengatasi Kecemasan Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V11 MTs NW Tanak Maik Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V11 yang berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas V11.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group preetest- postest design. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket gangguan kecemasan terhadap matematika. Hasil hipotesis menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu (3,12 > 1,71) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas konseling kelompok pendekatan REBT dengan teknik desensitisasi sistematik dan relaksasi untuk mengatasi kecemasan terhadap mata pelajaran matematika siswa kelas V11 MTs NW Tanak Maik Tahun Plajaran 2018/2019. Kata Kunci: Konseling Kelompok Pendekatan REBT Dengan Teknik Desensitisasi Sistematik, Kecemasan Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:19
Last Modified: 23 Dec 2020 02:19
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3316

Actions (login required)

View Item View Item