ATIN, SITI WAHIDA FITRI (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGONTROL EMOSI PADA SISWA KELAS VII MTS NW TANAK MAIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok Realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan lima orang siswa tapi fokuskan kepada satu orang siswa yang memiliki masalah tidak mamapu mengontrol emosi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemampuan mengontrol emosi. Data yang diproleh dari skala kemampuan mengontrol emosi kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi kemudia dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling kelompok realitas dalam untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan skor rata-rata (MI) 123,6, dan pada fase intervensi mendapatkan skor rata-rata 135,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 02:23 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 02:23 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3317 |
Actions (login required)
View Item |