PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KOTARAJA TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL HIDAYAH, BAIQ (2018) PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA KOTARAJA TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ NURUL HIDAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 menggunakan media kartu angka pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kotaraja Kabupaten Lombok Timur. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebut angka 1-10, menempelkan angka 1-10 sesuai jumlah gambar, dan menulis angka 1-10. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif, dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak usia 4-5 tahun terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Menggunakan tekhnis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 menggunakan media kartu angka pada siklus I kemampuan menyebut angka 48,3%, Kemampuan menempel angka sesuai jumlah gambar 49,1%, Kemampuan menulis angka 45%. Pada Siklus II terjadi peningakatan, kemampuan menyebut angka 74,1%, Kemampuan menempel angka sesuai jumlah gambar 80,8%, Kemampuan menulis angka 74,1%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Kotaraja Tahun Ajaran 2017/2018 Kata Kunci: kemampuanmengenalangka 1-10, kartuangka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:57
Last Modified: 23 Dec 2020 03:06
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item