PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITA THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MA AL-KHAIRIYAH NW PUTRA RAJAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WAL, ZAEN (2019) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN REALITA THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MA AL-KHAIRIYAH NW PUTRA RAJAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ZAEN WAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individu dengan pendekatan realita dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MA AL-KHAIRIYAH NW Putra Rajak tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar dan analisis menggunakan data kuantitatif dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi awal siswa sebelum diberikan konseling individu yang diproleh menggunakan angket kemandirian belajar dengan skor 25 sehingga masuk dalam kategori rendah, karena berada pada rentang 11,1 s/d 25,7. Dengan Sfesifikasi dalam setiap aspek, yaitu: a) siswa kurang yakin di setiap tugas yang ia kerjakan sudah benar, b) siswa masih kurang dalam membuat catatan sendiri untuk memudahkan proses belajar, c) siswa masih kurang dalam membuat jadwal belajar di rumah untuk mengingat pelajaran esok, d) siswa kurang belajar secara teratur meskipun tidak sedang ulangan, e) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru f) siswa masih kurang membaca buku setiap harinya, g) siswa masih kurang tenang saat ada masalah dalam proses belajar, h) siswa kurang optimis dalam belajar, i) siswa kurang dalam mencari buku refrernsi jika ada pelajaran yang ia tidak mengerti, j) siswa kurang memotivasi diri saat mulai putus asa dalam belajar, dan k) siswa kurang yakin untuk mampu mengatasi masalah yang ia hadapai saat belajar. Pada fase post-test/ intervensi (setelah diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan realita) diproleh total skor 45 yang termasuk dalam kategori tinggi, karena berada pada rentang 40,3 s/d 54,9. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individu dengan pendekatan realita berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MA AL-KHAIRIYAH NW Putra Rajak tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Konseling Individu Pendekatan Realita, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 23 Dec 2020 02:44
Last Modified: 23 Dec 2020 02:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item