PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN BUBUR KERTAS DI KELOMPOK B2 TK HAMZANWADI PANCOR TAHUN AJARAN 2017/2018

MARIANA, HAMIDATUL PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN BUBUR KERTAS DI KELOMPOK B2 TK HAMZANWADI PANCOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
SKRIPSI HAMIDATUL M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui bermain bubur kertas. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi keterampilan meremas, membentuk, mencetak, merobek, menggunakan alat cetak, menggunakan gunting.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian siswa kelompok B2 TK HAMZANWADI PANCOR berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan alat bantu observasi berupa foto. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada akhir siklus menunjukan keterampilan meremas kriteria baik ada 16 anak atau 81,67%. Keterampilan membentuk kriteria baik ada 17 anak atau 83,33%. Keterampilan mencetak kriteria baik ada 16 anak atau 80,00% Keterampilan merobek kriteria baik ada 16 anak atau 79,17%. Keterampilan menggunakan alat cetak kriteria baik ada 17 anak atau 85,42%. Keterampilan menggunakan gunting kriteria baik ada17 anak atau 83,75%. Peningkatan diperoleh dengan cara memasuki siklus II, hasil observasi anak sudah mampu menyelesaikan kegiatan tanpa bantuan dari guru maupun peneliti. Terlihat dari hasil rata-rata kegiatan meremas sampai lembut dengan jumlah 81,67%, Membentuk yang rapi dan indah 83,33%, Mencetak dengan mahir sesuai dengan bentuk cetakan aslinya 80,00% dan kegiatan Merobek dengan rapi sesuai pola yang diberikan 79,17%. Berdasarkan pertemuan siklus II diketahui bahwa rata-rata pencapaian dari keterampilan motorik halus yang paling banyak ada pada keterampilan menggunakan alat cetak dengan jumlah 85,42%. Sedangkan yang memperoleh rata-rata pencapaian paling sedikit ada pada keterampilan otot-otot kecil dalam kegiatan merobek dengan jumlah 79,17%. Keseluruhan keterampilan motorik halus yang berkembang, ada kegiatan yang disukai anak yaitu meremas dan mencetak. Kata kunci : Motorik halus, bubur kertas, Kelompok B2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:13
Last Modified: 23 Dec 2020 03:13
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item