UPAYA MENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK ISLAM AL-ASY’ARI NW REBAN TEBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HILYANI, SITI (2018) UPAYA MENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI TK ISLAM AL-ASY’ARI NW REBAN TEBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kognitif peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan) pada peseta didik kelompok B.2 di TK Islam Al-Asy’ari Nw Reban Tebu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 16 orang peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengkomunikasikan) memberikan peningkatan yang cukup baik terhadap kognitif peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes dari tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Pada siklus I rata-rata hasil evaluasi kegiatan peserta didik mencapai 62,2% yang menunjukkan kriteria sedang sehingga belum mencapai kategori berkembang yakni masih dibawah 74%, sehingga diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II terdapat rata-rata hasil evaluasi kegiatan peserta didik mencapai 82,1% yang menunjukkan kriteria tinggi dan bisa dikatakan kategori berkembang yakni di atas 74%, sehingga tidak dilakukan lagi perbaikan pada siklus berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengggunakan Pendekatan Saintifik pada peserta didik kelompok B.2 TK Islam Al- Asy’ari Nw Reban Tebu berhasil meningkatkan kognitif peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 07:38
Last Modified: 23 Dec 2020 07:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3362

Actions (login required)

View Item View Item