IZZAH, AFIFATUL (2018) TINGKAT KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDI AL-BAROKAH KALIJAGA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak siswa kelas V SDI AL-BAROKAH Kalijaga Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan media audio visual berbentuk video cerita rakyat, siswa diberikan kesempatan untuk menonton dan menyimak video cerita rakyat dari awal hingga akhir agar siswa mampu menceritakan kembali cerita yang sudah mereka simak. Dengan demikian peneliti dapat menilai keterampilan menyimak masing-masing siswa secara bergiliran berdasarkan empat aspek pada keterampilan menyimak siswa diantaranya: 1) pemahaman isi teks 2) keruntutan pengungkapan 3) kelancaran pengungkapan 4) ketepatan struktur kalimat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDI AL-BAROKAH Kalijaga Tengah yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kalimat instruksi keterampilan menyimak siswa. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi. Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan perolehan skor nilai rata-rata siswa sebanyak 79,7 dengan interval nilai 73-87 yang menyatakan bahwa tingkat keterampilan menyimak siswa kelas V SDI Al-Barokah Kalijaga Tengah dengan bantuan media audio visual pada tahun pelajaran 2018/2019 berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Jaelani Ahmad |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 02:38 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 02:38 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3415 |
Actions (login required)
View Item |