PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YAKIN PURNAMA, AL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar PKN Siswa Kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu True eksperiment post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen berdistribusi normal (χ2hitung = 7,83 dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 7,41 dan χ2tabel = 11,1 ). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = 1,28 dan F tabel = 2,24. (3)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 3,80 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbantuan media Audio Visual mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pengaruh, Model Role Playing, Media Audio Visual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:30
Last Modified: 30 Dec 2020 03:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item