PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES PADA POKOK BAHASAN BILANGAN KELAS IV SDN 6 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ASTINAWATI, ASTINAWATI (2018) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATEMATIKA BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES PADA POKOK BAHASAN BILANGAN KELAS IV SDN 6 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku saku matematika berbasis teori belajar Dienes yang layak untuk mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 6 Sakra tahun pelajaran 2017/2018. Model pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari (1) tahap analisis kebutuhan; (2) tahap desain; (3) tahap pembuatan dan validasi produk; (4) tahap revisi produk; (5) tahap uji coba lapangan; (6) tahap revisi akhir produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 6 Sakra sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswi perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi angket respon siswa, lembar validasi, hasil belajar, lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus konversi skala 4 untuk validasi buku saku. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli tampilan maka di dapatkan kategori layak digunakan dengan revisi sesuai saran, sedangkan hasil validasi produk dari ahli materi di dapatkan skor untuk buku saku adalah sangat layak. Nilai skor dari ahli materi adalah 84,4, berada pada rentang skor, yaitu 81,25% ≤ V ≤ 100% yang berkategori sangat layak. Pengembangan buku saku matematika berbasis teori belajar Dienes yang dikembangkan oleh peneliti di tinjau dari aspek buku saku itu saja. Menurut validator ahli materi, dan ahli tampilan secara umum bahwa buku saku yang dikembangkan oleh peneliti memilki kategori layak digunakan dengan revisi sesuai saran. Hasil penelitian pada siswa SD kelas IV (empat) menunjukkan hasil penelitian uji coba lapangan yakni; (a) Data hasil angket respon siswa menunjukkan 95,6% siswa merespon ya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran matematika pada materi Bilangan. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Saku Matematika Berbasis Teori Belajar Dienes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:48
Last Modified: 30 Dec 2020 03:48
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item