KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DENGAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 8 MONTONG BETOK dan SDN 4 MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RUSMAN, ASTUTI (2018) KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DENGAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 8 MONTONG BETOK dan SDN 4 MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan motivasi belajar siswa melalui metode yang berbeda – beda.Penelitian ini merupakan penelitian komparasi atau perbandingan 2 metode pembelajaran yaitu metode Take and Give dan metode STAD. Pada penelitian peneliti menggunkan penelitian eksperimen tipe factorial design. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 4 Montong Betok dan SDN 8 Montong Gading sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan data berupa tes, kartu bermain dan penugasan. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial. Hasil validasi menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode Take and Give mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode STAD. Dengan rata – rata nilai Take and Give 74,79 dan STAD 72,8.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil postes siswa dibangdingkan hasil preetes yang sebelum menggunakan metode Take and Give dan STAD. Adapun data hasil uji yaitu pada preetes nilai tertinggi yaitu 85 dan terendah 45, sedangkan pada postes nilai tertinggi 95 dan terendah 60 pada metode take and give dan STAD. Kata kunci: komparasi, metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:56
Last Modified: 30 Dec 2020 03:56
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item