POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TEBABAN TAHUN AJARAN 2018/2019

MUMPARIZAH, DENI (2018) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TEBABAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas II sdn 4 Tebaban tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas II sebanyak 6 orang, orang tua siswa sebanyak 6 orang, dan wali kelas II. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alier Miles dan Huberman. Dari hasil wawancara orang tua, siswa, dan wali kelas II dapat disimpulkan bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dapat mengontrol kegiatan yang dilakukan anak, mengatur waktu belajar anak, memberikan bimbingan belajar dan pemberian motivasi sehingga motivasi belajar anak menjadi tinggi sedangkan orang tua yang menerapkan pola asuh permissif yang dimana orang tua kurang dalam mengontrol anak dalam hal belajar mengakibatkan motivasi belajar anak menjadi rendah. Kata kunci: pola asuh orang tua, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:17
Last Modified: 04 Jan 2021 02:17
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item