PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KUDA BISIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BENDA PADA ANAK KELOMPOK B

FITRI, BAIQ FEBRI HIJRIATUL (2019) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL KUDA BISIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BENDA PADA ANAK KELOMPOK B. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi febrii_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat efektivitas permainan tradisional kuda bisik terhadap penguasaan kosakata benda pada anak kelompok B. Model pengembangan yang digunakan adalah Tipe Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 7 tahapan yang terdiri dari pengumpulan informasi, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi utama, uji coba lapangan utama dan revisi akhir. Permainan yang dikembangkan divalidasi oleh 1 ahli media dan 1 ahli materi. Subjek uji coba terbatas berjumal 10 orang anak dan pada uji lapangan berjumlah 22 anak yang dilakukan pada 2 sekolah yaitu TK Hamzanwadi Pancor dan TK Ummi Adniah NW. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah, Konversi, Persentase keberhasilan anak dan Ketuntasan hasil Belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli media memperoleh skor “31” (kriteria Baik), hasil dari ahli materi memperoleh skor “32” (kriteria Baik). Observasi diperoleh persentase secara individual yaitu 32% anak dapat dikategorikan “BSH” dengan jumlah “7” anak, dan 68% anak dikategorikan “BSB” dengan jumlah “15” anak. Untuk persentase tes hasil belajar secara klasikal diperoleh 100% dengan kategori “BSH” dan “BSB”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa permainan Kuda Bisik valid dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda pada anak kelompok B. Kata kunci: permainan tradisional, kuda bisik, kosakata benda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:39
Last Modified: 04 Jan 2021 02:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3449

Actions (login required)

View Item View Item