NURI, LIKA SARTIKA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B2 TK MAHKOTA SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI LIKA SARTIKA NURI_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok B2 di TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di kelompok B2 Mahkota Selong. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B2 TK Mahkota Selong pada pra tindakan mencapai 40% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Tidak Baik”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode Bermain Peran, kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61,3% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Cukup Baik”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berbicara pada anak semakin meningkat menjadi 78% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Mahkota Selong. Kata kunci: KemampuanBerbicara, Metode BermainPeran, PTK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 06:40 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3460 |
Actions (login required)
View Item |