PENGARUH MEDIA KAYU BERHITUNG DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 PADA KELOMPOK A DI TK NW AIKMEL

ADAWIYAH, RABIATUL (2019) PENGARUH MEDIA KAYU BERHITUNG DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 PADA KELOMPOK A DI TK NW AIKMEL. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kayu berhitung dalam mengenal angka 1-10 pada kelompok A di TK NW Aikmel. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desain pre-eksperimental yang menggunakan rancangan penelitian One-Group Pre-test -Post -test. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok A berjumlah 15 anak . Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi serta instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan mengenal angka 1 -10. Data dianalisis menggunakan persentase kategori penilaian dari Dirjen DIKNAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan media kayu berhitung dalam mengenal angka 1-10 pada anak thitung> ttabel (13,164190 > 2,144787) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap pengenalan angka pada anak, dengan pre -test diperoleh rata -rata total presentase keseluruhan 33% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau post-test diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 67% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Kata Kunci:media kayu berhitung, pengenalan angka

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:43
Last Modified: 05 Jan 2021 02:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item