PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 4 SUNTALANGU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MULTAZAM, EDI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TEORI BELAJAR DIENES UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 4 SUNTALANGU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI EDI MULTAZAM_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis teori belajar Dienes. . Mata pelajaran matematika untuk kelas II SDN 4 Suntalangu yang dibantu dengan buku materi dan bahan ajar teori belajar Dienes. Peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis teori belajar Dienes matapelajaran matematika ini untuk membantu pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research And Development). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang disederhanakan menjadi lima fase, yaitu investigasi awal, perancangan, realisasi, validasi dan ujicoba, implementasi. lapangan dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan validasi produk yang dikembangkan, validasi dilakukan oleh tim ahli materi dan ahli tampilan bahan ajar. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data validasi materi, tampilan bahan ajar, dan data respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa bahan ajar matematika yang dibantu bahan materi dan bahan ajar dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh data bahwa buku materi dapat dikategorikan “baik” dari 10 item diperoleh jumlah skor aktual 38 dan rata-rata 3,8. Sedangkan dari hasil validasi ahli tampilan bahan ajar dapat diketahui bahan ajar matematika yang dikembangkan mendapat kategori “cukup”, dari 10 item diperoleh jumlah skor aktual 27 dan rata-rata 2,7. Berdasarkan hasil uji coba lapangan respon siswa dapat di kategorikan "senang" dari 4 item diperoleh data respon siswa mencapai 317dari 25 siswa dan rata-rata 14,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar matematika berupa bahan materi dan bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran di SD. Kata kunci: Bahan Ajar Pelajaran Matematika Berbasis Teori Belajar Dienes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:43
Last Modified: 05 Jan 2021 02:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3480

Actions (login required)

View Item View Item