PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SELONG TAHUN 2019

HARIANI, SUSRI (2019) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SELONG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional boi-boian terhadap kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Pertiwi Selong Tahun 2019.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan tekhnik purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 17 anak kelompok B2.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan permainan tradisional boi-boian terhadap kemampuan kognitif anak (thitung = 3.208 >ttabel= 1.74588) sehingga hiotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap kemampuan kognitif anak, dengan pretestdiperoleh rata-rata total persentase keseluruhan 30 % yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 82 % dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Kata Kunci: permainan tradisional boi-boian, kemampuan kognitif anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:59
Last Modified: 05 Jan 2021 03:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3489

Actions (login required)

View Item View Item