ERNAWATI, ERNAWATI (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MAJALAH PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 REMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI LENGKAP_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan kelas IV SDN 3 Rempung tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Rempung yang berjumlah 24 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥ 70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN 3 Rempung setelah menerapkan pembelajaran tematik berbasis majalah pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 78,13 dengan ketuntasan klasikal mencapai 63% dan belum mencapai kriteria indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80,21 dengan ketuntasan klasikal mencapai 83% dan telah mencapai batas indikator keberhasilan (≥70%), yang berarti penerapan pembelajaran tematik berbasis majalah pada tema indahnya kebersamaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Rempung tahun pembelajaran 2018/2019. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Majalah, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Jaelani Ahmad |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 06:01 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 06:01 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3494 |
Actions (login required)
View Item |