SAPUTRA, AHMAD YUDI (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 6 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat terhadap hasil belejar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 6 Masbagik Utara pada materi pokok hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas V sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, kelas V-A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B digunakan sebagai kelas kontrol. Data yang diperlukan diperoleh melalui tes hasil belajar siswa. Tes sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas sehingga dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05, didapatkan > yaitu 3,05 > 2,02, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap hasil belajar IPA siswa. Kata kunci : Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 07:42 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 07:42 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3507 |
Actions (login required)
View Item |