PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DI SDN 1 SUELA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TIRAPANI, APNA (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DI SDN 1 SUELA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI APNA TIRAPANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020 denagn jumlah24 orang. Adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan menulis siswa dengan menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada keterampilan menulis terdapat nilai thitung sebesar 3,454 dengan ttabel 1,711. Maka dapat disimpulkan jika thitung > ttabel yang artinya adanya pengaruh pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis siswa. maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan pendekatan whole language terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 1 Suela tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Pendekatan Whole Language, Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:26
Last Modified: 06 Jan 2021 02:26
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item