PENGGUNAAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 3 SURYAWANGI KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRI ASTUTI, INDRA (2018) PENGGUNAAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 3 SURYAWANGI KECAMATAN LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI INDRA FITRI ASTUTI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Suryawangi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian Tindakan Kelas ini adalah eksplanatoris yang bertujuan untuk mengkaji hipotesis yang diketengahkan oleh peneliti dengan menggunakan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Suryawangi yang terdiri dari 28 orang siswa dengan menggunakan metode scramble. Berdasarkan hasil analisis data dan evaluasi diperoleh nilai rata-rata pada pretest 6,18 dan rata-rata untuk posttest 7,71. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Suryawangi Tahun Pelajaran 2018/2019 berada pada kategori aktif dengan presentase 85,71 % sesuai dengan kriteria perhitungan presentase skala dua dengan interval tingkat keberhasilan 60-79%. Kata Kunci : hasil belajar IPA, metode scramble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:51
Last Modified: 06 Jan 2021 02:51
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item View Item