PENGEMBANGAN BOOKLET PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRITIVISME PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKTAKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 5 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PUTRI, ARDINA RUKMANA (2019) PENGEMBANGAN BOOKLET PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONSTRITIVISME PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKTAKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 5 SURALAGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pembelajaran berbasis konstruktivis pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SDN 5 Suralaga dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil validasi materi dengan nilai 82% dan validasi ahli media sebesar 82%, serta respon 9 siswa mendapat penilaian sebesar 100% dan hasil belajar peserta didik sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk bookletpembelajaran berbasis konstruktivisme pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan kelas VI SDN 5 Suralga layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Booklet, konstruktivisme, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:43
Last Modified: 06 Jan 2021 02:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item