HUBUNGAN SIKAP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MI NO. 1 HAMZANWADI TAHUN AJARAN 2018/2019

SAPITRI, ARPINA UJI (2019) HUBUNGAN SIKAP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V MI NO. 1 HAMZANWADI TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V.B MI NW Hamzanwadi No. 1 Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V.B tahun pelajaran 2018/2019 yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini yakni lembar tes untuk memperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar angket untuk mendapatkan data terkait sikap matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berhubungan positif dengan koefisien korelasi thitung = 3,69 dan ttabel = 2,086 dengan taraf signifikansi 5%, dimana thitung lebih besar dibandingan dengan ttabel. Berdasarkan data tersebut maka terdapat hubungan sikap matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V MI No. 1 Hamzanwadi tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pembelajaran matematika, sikap matematika, pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:53
Last Modified: 06 Jan 2021 02:53
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item