ASMULLAH, ASMULLAH (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SD ISLAM GERISAK SMANGGLENG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi melalui media animasi terhadap prestasi belajar IPS pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya siswa Kelas IV SD Islam Gerisak Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa IV SD Islam Gerisak Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah“Quasy Experimental” dengan jenis “Nonequivalent Control Group”. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes prestasi belajar yang diberikan diawal sebagai pre-test dan diakhir penelitian sebagai post-test. Data yang dianalisis yaitu selisih antara nilai post-test dan pre-test dengan menggunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan. Hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel yaitu 6,429 > 1,694. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu ada pengaruh positif pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi melalui media animasi terhadap prestasi belajar IPS pada materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya siswa Kelas IV SD Islam Gerisak Smanggleng Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode diskusi, Media animasi, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 02:57 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 02:57 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3523 |
Actions (login required)
View Item |