PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN CERITA PENDEK KELAS V SDN 7 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRIANI, B. ERNI (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN CERITA PENDEK KELAS V SDN 7 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita pendek siswa kelas V SDN 7 Sakra. Adapun model penelitian yang digunkan dalam peneltian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan model Four D, yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develope). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Sakra sebanyak 26 orang. Penilaian produk melalui tahap validasi ahli materi, ahli tampilan dan uji coba lapangan . Penilaian produk yang dilakukan tim ahli materi pada buku guru, buku siswa dan buku model sebesar 76 dan berada pada rentangan X > 67,21 dengan kategori sangat baik, selain itu pada penilaian tim ahli tampilan pada buku guru, buku siswa dan buku model sebesar 51 dan berada pada rentangan 47,6 < X ≤ 58,8 dengan kategori baik. Data hasil tes belajar siswa didapatkan nialai ratarata hasil belajar sebesar 77,16 siswa dari 26 siswa dengan ketuntasan klasikal 90%. Selain itu, siswa merespon dengan baik produk yang dikembangkan dilihat dari angket respon siswa yang sebagian besar siswa merespon dengan baik. Kata Kunci: Pengembangan model pembelajaran kolaboratif, pembelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:45
Last Modified: 06 Jan 2021 03:45
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item